Generated image

Mengenai Saya

Foto saya
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Fisiologi adalah turunan biologi yang mempelajari bagaimana kehidupan berfungsi secara fisik dan kimiawi.

Sabtu, 03 Maret 2012

Kerja Jantung





Bintang ganesa-red. Kerja jantung memompa darah ke seluruh tubuh degan cara otot jantung terkontraksi kemudian berelaksasi secara teratur. Adanya kontraksi dan relaksasi yang bergantian menyebabkan terjadinya denyut nadi atau denyut jantung.


Jika atrium berkontraksi, ventrikel mengembang mencapai volume terbesar atau volume maksimum atau dalam keadaan relaksasi maksimum. Ventrikel dalam keadaan relaksasi maksimum ini disebut diastole. Pada fase diastole, katup bikuspidalis membuka dan darah dari atrium masuk ke ventrikel rangsang yang melalui berkas HIS terputus kurang lebih sepersepuluh detik digunakan jantung untuk beristirahat.

Setelah sepersepuluh detik, otot ventrikel benkontraksi. Keadaan ini disebut diastole. Dalam fase ini,katup bikuspidalis dan katup trikuspidalis menutup karena gerakan korda tendinae yang disebabkan oleh kontraksi otot papilari (urat pengatur katup). Dengan berkontrakinya ventrikel, darah menuju katup semilunaris. Katup ini segera terbuka kemudian darah masuk aorta dan ke arteri paru-paru. Periode dari akhir pemompaan hingga akhir pemompaan berikutnya disebut siklus jantung.

Orang dewasa sehat yang sehat memiliki tekanan sistole kurang dari 120 mmHg dan diastole kurang dari 80mmHg. Biasanya semakin tua terdapat kenaikan tekanan sistol dan diastole. Jika systole melebihi batas tekanan normal, dikatakan orang tersebut menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) sedang apabila jika kurang dari batas tekanan normal disebut menderita tekanan darah rendah (hipotensi).

Secara normal, jantung memompa darah kurang lebih dari 5 liter per menit dengan jumlah denyut nadi 70 puluh kali. Jika ada kegiatan lain, misal berolahraga maka denyut jantung dapat mencapai lebih dari 100 kali per menit dan memompa darah lebih dari 20 liter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar