Generated image

Mengenai Saya

Foto Saya
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Fisiologi adalah turunan biologi yang mempelajari bagaimana kehidupan berfungsi secara fisik dan kimiawi.

Sabtu, 03 Maret 2012

Menghitung denyut nadi menggunakan sedotan







Bintang genesa-red. Menghitung denyut nadi lazimnya kita lakukan dengan cara memegang pergelangan tangan kemudian menghitung detakan yang ada di pergelangan tangan, atau biasa kita sebut dengan menghitung denyut nadi.

Selain itu ada cara lain loh untuk melakukan hal yang sama. Yaitu dengan menggunakan sedotan yang diletakkan pada pergelangan tangan kita. Gimana caranya? Kita akan mencoba bereksperimen secara sederhana menggunakan sedotan dan plastisin/malam untuk menghitung denyut nadi kita.

 

Loh kita kan mau menghitung denyut jantung bukan denyut nadi? Nanti akan saya jelaskan pada eksperimen ini. so yuk kita baca lanjutannya :)

Nilai antara detak jantung dengan denyut nadi sebenarnya sama jumlahnya, hanya ada delay antara keduanya. Kenapa demikian? Hal ini disebabkan jarak dari jantung ke pembuluh nadi tersebut. Coba raba nadi pergelangan  tangan dengan nadi di punggung kaki (arteri radialis dan dorsalis pedis), akan ada perbedaan waktu berdenyut dari keduanya. Arteri radialis duluan berdenyut baru dorsalis pedis.

So jika sobat  ingin mengetahui berapa denyut jantung kita dalam satu menit, bisa kita lakukan dengan mengukur denyut nadi kita.

Berikut ada cara unik untuk  menghitung detak jantung kita tiap menit. yuk kita coba.


Apa yang harus disiapkan?
Stop watch
Malam/Plastisin
Sedotan
*Lihat gambar pertama di atas.

Bagaimana melakukannya?
Carilah denyut nadi yang ada pada pergelangan tangan (boleh kanan atau kiri), dengan cara meletakkan dua jari pada pergelangan tangan, geser geser sampai ditemukan denyutan pada daerah tersebut.
Mencari denyut nadi pada pergelangan tangan.
*sumber gambar: kapukpkusolo.blogspot.com

Letakkan malam/plastisin pada pergelangan tangan dimana ada denyutan tadi. Selanjutnya tancapkan sedotan pada plastisin, lihat gambar di bawah yang saya ambil daru buku karangan R. Nurfadilah (Mari Bereksperimen dengan sains).


Jika langkah yang sobat  lakukan benar, maka tiap kali nadi kita berdenyut sedotan akan terguncang. Hal ini dapat mempermudah kita untuk mengamati berapa denyutan yang terjadi selama satu menit. Sekarang saatnya menghitung menggunakan stopwatch untuk menghitung guncangan pada sedotan.

Sedikit penjelasan tentang pembuluh nadi

Pembuluh nadi atau arteri adalah pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung untuk disebarkan ke seluruh sel tubuh. dengan demikian nadi merupakan selang panjang tempat disalurkannya darah ke seluruh bagian tubuh. Sehingga detak yang ada pada nadi kita merupakan detak jantung kita juga.

Denyut nadi merupakan detak jantung yang teraba di tempat-tempat tertentu pada tubuh, misalnya pada pergelangan tangan/kaki, leher, paha, perut, kepala, rahang, lengan, ketiak etc. Denyut nadi ini dihasilkan dari tekanan pada pembuluh arteri akibat dari pemompaan darah oleh jantung.

Referensi:
Nurfadilah, R. 2009. Mari Bereksperimen dengan Sains. Jakarta: Musi Perkasa Utama
id.wikipedia.org/wiki/Pembuluh_nadi
www.forumsains.com/biologi/ask-beda-detak-jantung-dengan-denyut-nadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar